Minggu, 05 September 2010

GELAR APEL SIAGA, AMANKAN JALUR MUDIK

Surabaya --- Kantor SAR Surabaya melakukan gelar apel siaga pada hari Jumat (3/9) dalam rangka mengantisipasi angkutan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah pada hari Jumat tanggal 3 September 2010.

Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiap-siagaan Tim SAR, baik yang berasal dari Pos SAR Jember, Pos SAR Trenggalek, Rescue Boat 204, maupun dari Kantor SAR Surabaya sendiri. Selain kesiap-siagaan Tim SAR, pengecekan juga dilakukan terhadap sarana dan prasarana yang digunakan dalam patroli siaga Hari Raya.


Kepala Kantor SAR Surabaya, Sutrisno, S.Sos., MM., mengatakan bahwa ada tiga rescue jeep, 1 unit rescue truck, 1 unit sea rider, 1 unit rescue boat 204, dan 1 unit Heli SAR BO-105 yang akan dikerahkan untuk membantu Tim SAR dalam memberi pertolongan pada masyarakat di sepanjang jalur mudik yang dikhawatirkan rawan terjadi musibah dan kecelakaan lalu lintas.
Sutrisno menambahkan, ada beberapa titik yang menjadi pantauan Tim SAR Kantor SAR Surabaya selama patroli siaga, yaitu Surabaya (menjangkau wilayah Madura, Malang, Jombang, Gresik, Tuban, dan Lamongan), Jember (menjangkau wilayah Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Lumajang, dan Banyuwangi), dan Trenggalek (menjangkau wilayah Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Blitar, Nganjuk, Madiun, dan Ngawi).

Tim SAR Kantor SAR Surabaya melaksanakan siaga selama 14 hari, mulai dari H-7 sampai H+7 Hari Raya Idul Fitri. Aktivitas siaga terbagi menjadi dua, yaitu patroli siaga di sepanjang jalur yang dilewati kendaraan, baik dari maupun menuju Jawa Timur, serta siaga komunikasi di kantor.

Seusai apel siaga dilaksanakan, Kepala Kantor SAR Surabaya memberangkatkan iring-iringan mobil patroli SAR. Masing-masing mobil SAR langsung menuju ke lokasi patroli yang telah dijadwalkan sebelumnya. Regu I bergerak untuk melaksanakan patroli di sepanjang jalur Surabaya - Jombang.

Selama melaksanakan patroli siaga pada H-7 kemarin, antara regu I yang sedang patroli siaga dan petugas siaga di kantor saling berkomunikasi melalui radio. Komunikasi ini dijalin untuk saling mengecek kondisi masing-masing untuk dan tukar-menukar informasi.

Diharapkan dengan adanya patroli siaga, kemungkinan terjadinya musibah dan kecelakaan dapat ditanggulangi. Karenanya, masyarakat juga diharapkan untuk segera memberikan informasi kepada Kantor SAR Surabaya bila terjadi musibah atau kecelakaan, sehingga Kantor SAR Surabaya bisa segera memberi pertolongan. (Tholib / Humas Kansar Surabaya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di http://badansarnasional.blogspot.com/
 

Copyright © 2009 by Badan SAR Nasional

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger